Jika bumi harus dikosongkan untuk direhabilitasi, semua penghuninya dipindah ke Bulan. Nanti malam akan dimulai tahap pertama dengan mengosongkan rumah Anda. Anda telah memutuskan untuk meletakkan sebuah “Time Capsule”, yang akan memberi pesan pada Arkeolog masa depan mengenai siapa yang pernah tinggal di sini. Anda memiliki kotak baja berukuran 30x30x30 cm, dan uang Rp. 100.000 untuk membeli barang yang akan Anda masukkan.

Akan berisi apakah kotak tersebut menurut Anda?

Silakan ambil waktu berpikir. Ada diantara Anda yang mungkin memilih memasukkan sebuah cincin Antik peninggalan seseorang yang terkasih, atau ada diantara Anda yang memilih sebuah CD discovery channel tentang pemanasan global, berisi video perjalanan tamasya keluarga, album foto atau personal diary Anda. Apapun yang Anda pilih, saya sangat yakin apabila pilihan tersebut tidaklah mudah.

Tidaklah mudah bagi seseorang untuk menentukan barang apa yang dapat merepresentasikan dirinya untuk menjawab pertanyaan siapa sih sebenarnya diri kita. Walaupun seringkali sulit untuk dijawab, namun pertanyaan inilah yang pada dasarnya mendorong kita untuk menunjukkan perilaku tertentu, mendikte kita secara tidak sadar untuk menyukai atau tidak menyukai sesuatu. Sebuah black box yang tidak terdefinisi, namun teramati efeknya.

Jika sempat memiliki waktu luang di 15 menit selang antara terjaga dan tidur Anda di malam hari, coba renungkan. Seberapa jauh anda mengenal diri Anda. Apa yang Anda sukai, apa yang anda benci, dan apakah aktivitas di hari itu telah merefleksikan apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup ini. Hmmm….

Wahyu T. Setyobudi

Bincang-bincang melalui twitter @why_setyobudi